Pembukaan PKL Mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM Tahun 2019 di KHDTK

Jumat, 21 Juni 2019 bertempat di Lapangan KHDTK Hutan Diklat ULM Mandiangin telah dilaksanakan Pembukaan Praktek Kerja Lapang (PKL) Fakultas Kehutanan ULM. Hadir sebagai undangan dalam kegiatan tersebut:

  1. Dr. Ir. Mufidah Asy’ari, MP, Wakil Dekan I
  2. Dr. Ir. Zainal Abidin, MP, Wakil Dekan III
  3. Dr. Abdi Fithria, S.Hut, MP, Wakil Ketua KHDTK Hutan Diklat ULM Mandiangin
  4. Tenaga Pendidik dan Kependidikan Fahutan ULM
  5. Perwakilan Tahura Sultan Adam
  6. Perwakilan BPDASHL (Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung) Barito
  7. Perwakilan BP2LHK (Badan Pengawasan dan Penegakan hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan)
  8. Perwakilan BPSKL (Badan Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Kalimantan

Kegiatan Praktek ini secara resmi dibuka oleh Ibu Dr. Ir. Mufidah Asy’ari, MP dengan memasangkan tanda peserta secara simbolis dan diikuti oleh seluruh peserta PKL 2019. Praktek ini dilaksanakan selama 11 hari mulai 21 Juni 2019 sampai dengan 1 Juli 2019. Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahun ini diikuti oleh 143 peserta dan didampingi 18 asisten lapangan yang bertugas membantu para dosen pendamping di lapangan untuk 9 materi yang dilaksanakan. Pada tahun ini, panitia mendapatkan bantuan bibit untuk kegiatan penanaman yaitu sebanyak 350 bibit dari BPDASHL Barito, 300 bibit dari BPSKL Wilayah Kalimantan dan sebanyak 100 bibit dari BP2LHK, sehingga keseluruhan bibit adalah sebanyak 750 bibit.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu kewajiban yang harus diikuti oleh mahasiswa, calon rimbawan guna mendukung berhasilnya Visi Fakultas Kehutanan ULM yaitu mewujudkan Fakultas Kehutanan sebagai lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kehutanan serta pengelolaan sumber daya alam khususnya dalam bidang pengelolaan hutan tropis berkelanjutan. PKL termasuk mata kuliah prasyarat untuk kegiatan Praktek lainnya yaitu PHT (Praktek Hutan Tanaman) dan Praktek Kerja Khusus (Magang), oleh karena itu diharapkan mahasiswa menyelesaikan tugas-tugas laporan dengan baik dan seksama, sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

Ibu Dr. Mufidah mengharapkan peserta senantiasa bekerjasama dalam kelompok, dengan Asisten dan Dosen Pendamping. Beliau berharap PKL ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar diperoleh hasil maksimal berupa peningkatan kemampuan dan keterampilan sebagai bagian atau modal dasar untuk berkiprah lebih banyak lagi di bidang Kehutanan. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai kesempatan mahasiswa untuk menambah pengalaman bekerja dalam lingkungan hutan tropis.