Pelatihan Budidaya Toga di sekitar KHDTK ULM

Tim KHDTK ULM kembali mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan budidaya Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Kegiatan Pengabdian yang dilaksanakan oleh Arfa Agustina R,S.Hut,M.P, Dr.Hafizianoor,S.Hut,M.P, Dr.Adi Rahmadi ini dilaksanakan di desa Mandiangin Barat.

Kondisi umum masyarakat di desa sekitar KHDTK ULM adalah petani. Kegiatan mereka sehari-hari adalah ke sawah atau kebun. Dan ketika musim buah durian kadang menjadi penjual buah durian. TOGA atau Tanaman Obat Keluarga merupakan kegiatan menanami pekarangan dengan tanaman yang berkhasiat obat. Tanaman obat yang dimaksud termasuk rempah-rempah, tanaman sayur dan tanaman buah. Istilah toga bermakna penataan pekarangan, yaitu pengelolaan pekarangan melalui penanaman tanaman berkhasiat obat sehingga dapat memenuhi kebutuhan obat tradisional bagi keluarga maupun masyarakat. Kegiatan pengelolaan pekarangan melalui penanaman tanaman obat selain menyediakan tanaman bermanfaat bagi keluarga juga memberikan nilai tambah pekarangan atau lingkungan rumah sehingga dapat membantu peningkatan kesejahteraan keluarga. Setiap masyarakat dapat menerapkan toga dalam pekarangan. Upaya penyuluhan, pelatihan dan pendampingan intensifikasi TOGA kepada masyarakat desa yang berada dalam lingkungan KHDTK ULM diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan anggota kelompok mitra tentang budidaya dan pemeliharaan tanaman berkhasiat obat. Intensifikasi TOGA oleh masyarakat desa Mandiangin Barat diharapkan dapat menjadi sumber gizi dan obat bagi keluarga serta meningkatkan kesejahteraan warga.

Peningkatan kesehatan dan kesejahteraan mitra melalui intensifikasi TOGA bertujuan meningkatkan pemahaman dan ketrampilan mitra untuk berinovasi dalam budidaya tanaman berkhasiat obat, meningkatkan pengetahuan cara budiaya dan pemeliharaan tanaman berkhasiat obat, meningkatkan penataan pekarangan serta upaya pemanfaatan hasil pekarangan. Metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut melalui penyuluhan, pelatihan, demonstrasi plot dan pendampingan tentang budidaya, pemeliharaan tanaman berkhasiat obat serta penataan pekarangan. Penerapan ipteks untuk intensifikasi TOGA dalam bentuk penyuluhan, fasilitasi peralatan, pelatihan sampai pemasaran juga dilakukan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan KHDTK ULM.